Awas! Setelah Baca Konten Ini Kamu Akan Susah Tinggalkan Kegiatan Menulis

Awas! Setelah Baca Konten Ini Kamu Akan Susah Tinggalkan Kegiatan Menulis

Kamu sudah menulis, tetapi masih sering gak konsisten? Kamu sudah menulis, tetapi masih terhalang oleh kegiatan lain? Jika kamu ingin kegiatan menulismu itu lancar, maka kamu hanya butuh cara mengubahnya dengan mindset-mindset manajemen dari sudut pandang yang berbeda. Mau tahu caranya? Baca kontennya sekarang!

Sebenarnya ketika kamu menjalani kegiatan menulis ini, apakah kamu pernah memikirkan sebuah cara agar kegiatan menulismu itu teratur dan rapi? Apakah kamu tahu bahwa banyak penulis yang sudah menciptakan banyak buku tidak pernah meninggalkan kegiatan menulisnya dalam sehari?

Ada banyak alasan yang bisa kamu ungkapkan bila belum pernah menjawab pertanyaan di atas, tetapi yang harus kamu paham sekarang adalah bagaimana caranya memosisikan kegiatan menulis sebagai prioritas yang tidak bisa ditinggalkan, layaknya ibadah salat yang wajib dipatuhi dalam agama Islam.

Mau tahu bagaimana prinsipnya? Baca artikelnya sekarang!

Tanam Komitmen

Jangan langsung garap tulisan! Komitmen inilah yang akan menentukan keberhasilan dari tulisanmu, karena sesuatu yang tidak memiliki komitmen yang tinggi maka akan berujung pada kesia-siaan. Kebermanfaatan salah satunya, inilah yang akan kamu hadapi setelah tulisanmu terbit.

Sebagai ujung tombak, tentunya kebermanfaatan dalam hal menulis harus dijalankan dengan baik agar silaturahmi antar penulis dan pembaca tetap erat sehingga engagement pun meningkat, karena pembaca yang membaca tulisanmu sudah terlalu terikat dengan isi tulisanmu yang begitu keren.

Tetapkan Rules

Kamu pernah buat ini gak sebelumnya? Kalau kamu belum pernah, coba deh sebelum memulai menulis sesuatu kamu atur terlebih dahulu ketentuan dan peraturannya agar sikapmu saat menulis nanti tidak terjadi hal-hal yang serius atau di luar dugaan, seperti stres ketika ingat deadline sudah dekat atau bosan karena gak punya ide.

Pastikan pikiranmu dalam keadaan positif dan cerah, karena dengan itu kegiatan menulismu pun akan semakin mudah dan semakin berkembang. Oleh karena itu, kamu melakukan hal-hal penunjangnya sebelum mulai menulis, seperti meminum secangkir kopi atau membaca buku motivasi dan sebagainya.

Jaga Konsistensi

Untuk memiliki sebuah konsistensi, pastinya kamu harus selalu berikhtiar alias berusaha tanpa rasa putus asa. Biasanya konsistensi inilah yang sering terjadi di kalangan penulis pemula yang sedang menggarap tulisannya, karena mereka sering kewalahan dalam memikirkan ide yang bagus untuk sebuah tulisan.

Dalam mencapai sebuah konsistensi, penulis harus punya kesadaran dan kepercayaan diri yang kuat, karena kedua-dua pasal inilah yang menopang kegiatan menulismu menjadi lebih baik. Kemudian, kamu jangan lupa juga untuk menemukan “Why?” terbesarmu dalam menulis, maka dengan ini kegiatanmu akan semakin tenang.

Jangan Jadikan Halangan

Untuk mendapatkan “Why?” terbesarmu, coba kamu gunakan prinsip ini agar kegiatan menulismu pun tidak suka ditunda. Jangan jadikan halangan, tetapi jadikanlah menulismu itu tantangan dan rintangan agar menulis selalu diingat di sela-sela harimu. Oleh karena itu, kamu harus selalu meyakinkan diri sebagai seorang penulis.

Jangan pernah merendahkan harga dirimu sebagai penulis meskipun tulisanmu masih dianggap amatir oleh pembaca atau dibenci oleh pembaca, karena setiap tulisan ada penggemarnya tersendiri sehingga bila terjadi hal yang tidak menyenangkan pada tulisanmu, maka itu wajar. Namun, saya yakin lambat laun kamu akan menemukan pembacamu sendiri.

Reward dan Hukuman

Ketika menetapkan sebuah reward atau hukuman, sebaiknya kamu harus tahu terlebih dahulu dampak dari reward atau hukumannya. Apakah rewardnya akan membuat sikapmu menjadi lebih baik lagi dalam menulis? Apakah hukumannya akan membuat sikapmu dalam menulis akan semakin berkembang?

Jadi, pikirkan dan pertimbangkan dengan sebaik-baiknya dalam mengambil sebuah keputusan, seperti kegiatan menulis ini. Jika kamu berani memulai untuk menulis, maka kamu berani mempertanggungjawabkan segala aspek kepenulisanmu kepada pembaca. Oleh karena itu, kamu gak cukup hanya memahami ilmu dari aspek tulisan saja.

Tetap semangat menulisnya, ya? mungkin kamu cuma butuh #SatuMotivasiLagi agar tulisanmu bisa bermanfaat bagi dirimu dan orang lain. Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat! Jangan lupa untuk berlangganan agar terus mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan