Ini 6 Strategi Agar Usaha Bisnis UKM Lancar Tanpa Bimbang!

Ini 6 Strategi Agar Usaha Bisnis UKM Lancar Tanpa Bimbang!

Jika kamu saat ini sedang menjalankan sebuah usaha, maka apakah kamu pernah berpikir tentang topik selain uang? Salah satunya cara agar usahamu melejit adalah dengan memberikan nilai produk terbaik kepada orang yang tepat, setuju? Jika setuju, maka artikel ini adalah referensi terbesar yang bisa membuat usahamu laris manis.

Bicara pasal usaha atau bisnis, banyak pengusaha atau pebisnis di luar sana yang mindset bisnisnya hanya mengenal uang, uang dan uang. Inilah penyebab dari sekian banyak dari mereka itu lemah dan mudah putus asa, karena mereka hanya memegang kendali pada uang. Jika uang tidak ada, usaha atau bisnis mereka bisa saja bangkrut.

Oleh karena itu, prinsip paksa uang seperti itu memang sama sekali tidak menguntungkan usaha atau bisnis kita dan pada akhirnya kamu akan mudah menyerah, karena menganggap uang adalah segalanya.

Lantas beginikah prinsip usaha atau bisnis yang diinginkan oleh semua orang? Maka ubahlah mindset usaha atau bisnismu itu menjadi sebuah proses dalam hal bantu-membantu mereka yang membutuhkan produkmu.

Seperti yang dikatakan oleh Dewa Eka Prayoga yang kerap disebut Dewa Selling dalam prinsip jualannya,

“Jualan produk yang tepat, ke market yang tepat, dengan cara yang tepat, di waktu yang tepat.”

Dewa Eka Prayoga

Prinsip inilah yang akan membangun strategi bisnismu itu laris manis. Seperti yang kita tahu bahwa ketepatan adalah kunci dari semua strategi di seluruh kegiatan aktivitas manusia. Sebagaimana konten adalah objek yang membangun relasi setiap prinsip tersebut.

Mungkin ada sebagian dari kamu belum tahu bahwa Bill Gates pernah berkata “Content is King.” Ini tandanya kalau uang bukanlah segalanya dan konten itu sangat penting dan berpengaruh dalam hidup kita.

Tanpa konten, mungkin sampai sekarang orang tidak akan tertarik dengan bisnismu. Ibarat konten, sebuah pohon yang berbuah banyak, sedangkan bisnis merupakan proses penanaman, pemeliharaan secara rutin, dan pemasaran buah beserta lahannya.

Makin jauh masuk ke dalam era digital ini, sistem bisnis pun semakin canggih. Apalagi sekarang kamu pun bisa berbisnis hanya dengan modal afiliasi, sedangkan bagi kamu yang ingin membuka bisnis yang berbasis digital, kamu pun bisa memesan sebuah hosting dengan domain yang harganya sesuai dengan kantong UKM.

Jadi, di zaman berbasis digital ini kamu tidak perlu lagi pusing untuk menyewa sebuah ruko yang harganya jutaan, cukup website saja! Kabar gembiranya, sebagai website portal No.1 di Indonesia, MasterWeb menghadirkan Hosting bisnis terbaik untuk para UKM.

Sebelum kamu mempraktikkan enam strategi di bawah ini…

Sebaiknya kamu paham terlebih dahulu tentang bagaimana caranya agar bisnismu dapat dipandang oleh pembeli sebagai bisnis yang bernilai dan berharga.

Sebagai pebisnis UKM, seharusnya kamu sadar bahwa orang akan membeli produkmu bila bisnismu itu terpercaya dan sudah dibuktikan oleh banyak pelanggan di luar sana. Oleh karena itu, kamu wajib membangun yang namanya Brand.

Sederhananya brand ini sangat berpengaruh dalam bisnismu, mulai dari merancang produk, mengemas produk, hingga memasarkan produk. Maka dari itu, mulai dari sekarang cobalah membuat produk berdasarkan masalah dan perilaku konsumen.

Mengapa berawal dari masalah dan perilaku konsumen? Seorang pembeli akan tertarik dengan produkmu, bila produkmu itu sesuai dengan masalah spesifik tentang apa yang mereka alami sehingga membuat produkmu akan selalu berharga dan bernilai di mata konsumen.

Oleh karena itu, setelah kamu mampu membangun brand, maka berikut ini merupakan strategi yang dapat dipraktikkan dalam bisnismu. Sudah siap bangun bisnis yang positioning? Baca artikel ini sekarang!

Temukan “WHY?

Photo by Pixabay from Pexels

Apakah ketika kamu memulai usaha atau bisnis kamu sudah memikirkan tentang sebab terbesarnya? Lantas kamu hanya berpikiran tentang uang saja, karena dapat menyelesaikan masalahmu secara finansial? Kamu salah besar. Inilah prinsip yang kerap sekali dilakukan oleh banyaknya pemula dalam berusaha membangun bisnisnya.

Kenapa kamu ingin membangun usaha untuk bisnis? Setelah kamu menjawab pertanyaan ini saya yakin pikiranmu akan terbuka dan mudah mengenal dunia bisnis lebih mendalam. Adakah alasan selain uang yang dapat kamu jadikan sebagai jawaban dari pertanyaan tersebut?

Pada hakikatnya, para pemula hanya memandang dari segi kebutuhannya sendiri daripada orang lain sehingga sulit untuk mengemukakan alasan yang jelas. Adapun jika alasannya dipandang melalui pelanggan, maka tidaklah sedikit yang memilih untuk menyepelekannya.

Oleh karena itu, alasan ini harus kamu pertimbangkan terlebih dahulu sebelum memulai usaha atau bisnismu. Kemudian hosting terbaik atau domain keren yang telah kamu beli untuk bisnismu akan menjadi sia-sia bila kamu tidak memanfaatkannya dan uang yang kamu sisihkan untuk website pun akan mubazir.

Komitmen Diri

Photo by fauxels from Pexels

Sebaik-baiknya usaha atau bisnis yang kamu jalankan adalah usaha atau bisnis yang memiliki akar yang kuat dan sanggup menopangnya hingga ia menjadi besar dan tua. Apabila usaha atau bisnismu tidak memiliki niat yang tulus dalam membantu orang-orang sekitarmu dengan produk, maka tunggu saja usaha atau bisnismu mudah tumbang.

Usaha atau bisnismu itu meninggi dan membesar sehingga mudah dikenal, karena kamu sering menyiraminya dengan pupuk yang melejit (motivasi dan konten) dan sering menghasilkan buah (produk) agar orang selalu memperhatikan usaha atau bisnismu dengan menunggu-tunggu buah-buah selanjutnya.

Maka dari itu, sebuah usaha atau bisnis harus dilandaskan komitmen yang kuat dan konsisten yang tak ada batasnya sehingga orang selalu percaya terhadap apa yang kamu mulai dan apa yang kamu hadirkan kepada mereka sehingga menghasilkan nilai yang tak terkira, bukan harganya.

Inilah penyebabnya bahwa kamu jarang upload konten di website, sehingga apa pun hosting terbaik dan domain keren yang kamu beli tidak akan berpengaruh pada lancarnya bisnismu. Sebagaimana kita tahu bahwa konten adalah raja dan yang terpenting bagi bisnismu. Tanpa konten, mungkin sampai sekarang bisnismu pun tidak pernah tumbuh.

Persiapkan Produk

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Produk yang berkualitas merupakan produk yang memiliki banyak kelebihan, baik dari segi material maupun manfaat sehingga akan mudah bersaing dengan banyak kompetitor di luar sana.

Jangan sampai produknya terciduk “Sampah”, karena produk seperti itu bukan hanya merugikan bisnismu, tetapi juga orang lain yang sudah bersusah payah dan mengharapkan kebermanfaatan dari produkmu.

Lebih baik berlelah-lelah di awal daripada bangkrut di akhir, maksudnya? Produk yang dirancang dengan bersusah payah, maka akan berakibat laris manis di akhir. Jadi, jangan sia-siakan kesempatanmu untuk mewujudkan produkmu bisa booming di pasar.

Oleh karena itu, desainlah produkmu sebaik-baik mungkin dan manjakanlah mereka dengan produkmu. Gunakanlah hosting terbaik yang berkapasitas unlimited full bandwidth agar website bisnismu pun bisa menampung banyak produk dan pembayaran yang beragam.

Riset Market

Photo by fauxels from Pexels

Dalam melakukan riset market pun kamu harus benar, karena kebanyakan pengusaha atau pebisnis yang menargetkan marketnya “Semua orang”, inilah kesalahan yang sering dilakukan. Seharusnya dalam melakukan riset ini kamu bisa menjabarkan ciri-ciri orangnya, kemudian mencocokkannya dengan produk yang kamu punya.

Contoh:

Produk: Hijab Muslimah

Target Market:

  1. Perempuan/Beragama Islam/Muslimah
  2. Umur 18-35 tahun
  3. Memiliki akun Instagram/Facebook/WhatsApp
  4. Memiliki permasalahan tentang hijab
  5. Memiliki keinginan atau harapan

Bila target produknya mak-mak dan kamu jualannya di Instagram, maka produkmu bukan akan makin laris, malah makin mengemis gara-gara krisis. Oleh karena itu, kamu harus tahu target marketmu berkumpul di mana, sehingga kamu pun gak bingung mau promosi di mana dan pilih platform digital yang mana.

Begitu pun di saat kamu memilih sebuah hosting dan domain, pastikan yang kamu pilih adalah hosting terbaik dan domain keren untuk dirimu atau perusahaanmu. Namun, apabila salah pilih, maka akan berakibat pada kerugian yang tidak sesuai dengan budgetmu.

Pakai Ilmu Copywriting

Photo by fauxels from Pexels

Berbicara tentang cara berjualan pun ada ilmunya, Copywriting namanya. Sederhananya copywriting ini bermakna sebuah tulisan yang berdampak pada orang lain melalui rumus-rumus promosi yang membuat orang susah untuk menolak apa yang kamu jual.

Sebagai ilmu sosial, tentunya ilmu ini tidak terlepas dari media iklan yang akan membuat orang tertarik dan juga trafik yang akan menjaring berbagai calon pembeli. Oleh karena itu, untuk menerapkan copywriting yang baik bukanlah seperti menulis cerpen atau pun artikel, tetapi haruslah berdasarkan keresahan pembeli yang akan menimbulkan kebutuhan.

Untuk memasang copywriting yang bagus di dalam sebuah website, tentunya kamu membutuhkan sebuah hosting terbaik dan domain keren untuk bisnismu. Jikalau kamu menggunakan website yang gratis, mungkin pelanggan akan menjauhi bisnismu, karena terkesan tidak profesional.

Waktu Yang Tepat

Photo by fauxels from Pexels

Apakah kamu tahu mengapa kebanyakan orang di luar sana terkadang menolak produk yang kamu tawarkan? Padahal produk yang kamu tawarkan sudah cocok dengan market yang kamu targetkan? Inilah penyebab dari waktu yang tidak tepat, karena sebagaimana kita tahu suasana sekarang sedang pandemi COVID-19.

Sebagai pengusaha atau pebisnis yang bijak, seharusnya tidak memaksakan orang lain untuk membeli produkmu karena akan berakibat pada penolakan, meskipun kamu telah menawarkannya dengan potongan harga. Oleh karena itu, kamu mesti mencari waktu yang tepat untuk berjualan.

Bagaimana yang dimaksud dengan waktu yang tepat? Waktu yang tepat adalah waktu yang didapatkan dari sebuah momentum di mana orang-orang mengikutinya sebagai peristiwa. Contohnya momentum bulan Ramadan, ketika momentum ini muncul kamu bisa membantu mereka dengan menjual pakaian-pakaian muslim.

Selain itu, COVID-19 juga membuat peluang bisnis UKM-mu menurun, sehingga kamu harus berpindah tempat pemasaran, dari offline menjadi online.

Oleh karena itu, kamu mesti membeli sebuah hosting terbaik dan domain keren dari Masterweb sebagai website portal No.1 di Indonesia. Selain terbaik dan keren, hosting dan domain ini juga murah, sehingga sangat cocok dengan pebisnis UKM seperti dirimu yang ingin menghemat biaya lapak promosi. Ayo! Tunggu apalagi…kembangkan bisnismu sekarang juga!

Referensi:

Rahasia Laris Manis Jual Apapun! (Dewa Eka Prayoga on YouTube)

Tips Branding Produk: Menjual Lebih Mahal, Lebih Laris! (Dewa Eka Prayoga on YouTube)

Yuk, ikutan juga!

Tinggalkan Balasan