Terungkap! 5 Cara Menulis Paling Ampuh dan Tidak Membosankan Bagi Pemula

Terungkap! 5 Cara Menulis Paling Ampuh dan Tidak Membosankan Bagi Pemula

Apakah kamu termasuk orang yang ingin menjadi Penulis? Apakah kamu terganggu dengan suasana pikiranmu yang bingung saat ingin memulai rutin menulis? Jika benar, maka artikel ini wajib kamu praktikkan sebagai referensi dasar untuk memulai proyek kepenulisanmu, baca sekarang!

Apa masalah terbesarmu saat menulis? Apakah kamu tahu kalau penulis pemula sepertimu sangat susah konsisten menulis? Kebanyakan penulis pemula sering mengalami penyakit jenuh, seperti mementingkan ego sendiri, mencari alasan untuk bolos menulis, mengikuti suasana hati, writer’s block, dan sebagainya.

Seorang penulis yang baik itu tidak pernah menyia-nyiakan waktunya untuk kegiatan non bermanfaat lainnya. Sesuatu hal yang dikatakan bermanfaat, apabila seseorang itu menulis sesuatu hal yang dapat dijadikan tuntutan bagi seorang pembaca sehingga mereka dapat mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari. Kamu masih bingung saat menulis?

Baca artikelnya sekarang!

Menulis Tentang Hal Favorit

Mungkin ini tidak asing lagi kita lihat, memang banyak orang di luar sana yang sangat mementingkan kegemarannya dalam segala hal, terutama menulis. Orang yang menulis tentang kesukaannya, maka akan mudah beradaptasi dalam dunia kepenulisan. Secara tidak langsung, dia memang nantinya akan terbiasa dan menyukainya.

Namun, juga tak sedikit orang yang memang sedang memulai untuk menulis kesukaannya sehingga dia susah menjabarkan kata-kata yang ada di pikirannya dan di saat itu pula percaya dirinya pun mulai memudar dengan sendirinya. Meskipun demikian, namanya juga menulis sehingga butuh kepada yang dinamakan proses.

Menulis Tentang Pengalaman Pribadi

Di antara kamu pasti punya pengalaman pribadi yang unik dan beragam macamnya, bukan? Sebelum menulis kamu pasti berpikir tentang ide yang akan dituangkan, sedangkan bagimu sulit untuk mendapatkan ide yang cocok untuk ditulis. Pengalaman pribadi inilah solusinya!

Jadi, kamu tidak perlu repot-repot mencari ide sana sini. Apalagi kalau kamu punya pengalaman pribadi yang banyak, tetapi tidak digunakan sebagai bahan tulisan sehingga pengalamanmu pun akan mudah pudar dari ingatan. Selain itu, pengalaman pribadi ini juga bisa kamu gunakan sebagai pelajaran atau motivasi bagi para pembaca.

Menulis Diary

Kaum rebahan pasti akan cocok menulis tulisan yang dirangkum dalam sebuah buku seperti diary ini. Pasalnya, diary ini mengungkap berbagai aktivitas seseorang dalam kesehariannya, baik itu suka maupun duka. Trik ini sebenarnya sudah lama dijadikan tempat curhat bagi para penulis yang butuh sandaran.

Ditambah lagi dengan ukurannya yang biasanya kecil, sehingga mudah dibawa-bawa oleh para penulis saat menuliskan ceritanya. Namun, di era yang super canggih ini kamu tidak perlu lagi repot membawa buku kecil seperti itu, karena sudah banyak aplikasi ponsel cerdas yang mendukung proses menulis ini.

Menulis Tentang Cita-cita

Kamu pernah disuruh oleh gurumu menggambar tentang cita-cita saat menempuh sekolah dasar? Kamu sering bersemangat saat menggambarnya, bukan? Nah, bagaimana kalau sekarang kamu bisa mengubah mindset menggambar menjadi menulis, apakah kamu akan bersemangat kembali seperti dahulu?

Meskipun pada awalnya konsep menulis cita-cita ini terlihat mudah, tetapi kamu disarankan agar menuliskannya secara story telling sehingga tulisannya tidak terlihat kaku dan mudah disukai oleh para pembaca tanpa rasa bosan. Coba kamu bayangkan bila tulisanmu disukai dan ditunggu-tunggu para pembaca?

Menulis Tentang Passion

Tidak usah bingung untuk menulis! Sekarang yang kamu butuh adalah mengetahui tentang minat dan bakatmu (Passion). Apa minat dan bakatmu sekarang? Menulis tentang passion ini juga kamu akan terhindar dari kebosanan saat menulis, apalagi kalau kamu sedang mengalami kebuntuan ide sehingga mudah keluar dari zona nyaman.

Setelah kamu mengetahui minat dan bakatmu, maka mulailah menulis dengan kata-kata sederhana terlebih dahulu agar tulisanmu tidak cepat mengalami kebuntuan ide. Namun, apabila kebuntuan ide tetap terjadi maka kamu bisa mengatasinya dengan keluar ke alam terbuka atau menonton film dan yang paling terpenting tidak lupa membaca buku.

Tetap semangat menulisnya, ya? mungkin kamu cuma butuh #1MotivasiLagi agar tulisanmu bisa bermanfaat bagi dirimu dan orang lain. Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat! Jangan lupa untuk berlangganan agar terus mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan