Waspada! Ini yang akan terjadi pada tulisanmu bila kamu membaca bacaan yang berkualitas

Waspada! Ini yang akan terjadi pada tulisanmu bila kamu membaca bacaan yang berkualitas

Apakah kamu sedang mencari buku untuk bacaanmu? Apakah kamu ingin membuat tulisanmu lebih menarik daripada sebelumnya? Dapatkan perubahan yang menarik pada tulisanmu setelah membaca artikel ini, karena penulis yang hebat berawal dari pembaca yang kuat.

Sebuah bacaan yang kamu lirik bermula dari keingintahuan dirimu terhadap sesuatu sehingga kamu tertarik untuk membacanya, bukan? Hampir seluruh pembaca memiliki prinsip yang sama seperti kamu, hanya saja ada beberapa pembaca yang berbeda karena mereka memodifikasikan prinsip tersebut menjadi sebuah proyek.

Perbedaan inilah menjadikan prinsip mereka berkembang dan menjadi sebuah keterikatan yang memacu mereka untuk menciptakan, yaitu menulis. Terlepas dari menulis, seharusnya kamu tahu bagaimana cara memilih bacaan yang berkualitas sehingga dengan bacaan itu pula prinsipmu pun akan berkembang seiring berjalannya waktu.

Lantas apa yang akan kamu lakukan agar tulisanmu makin berkembang?

Temukan solusinya dalam artikel ini!

Tulisanmu Berisi Pengalaman

Sebuah pengalaman yang menarik itu berawal dari pertualangan yang hebat, begitulah diaplikasikan oleh para penulis di luar sana, baik dari masa-masa sulit hingga ke masa-masa sukses. Untuk apa? Agar pembaca tahu bagaimana cara mengolah dirinya menjadi sebaik-baik manusia yang bermanfaat bagi orang lain.

Isi pengalaman yang menarik tidak harus bermula dari pengalaman yang baik, karena jika berbicara pengalaman itu kita berbicara tentang proses bukan protes. Semua pengalaman yang kamu lewati itu memang sudah ditakdirkan sehingga kita tak dapat mengubahnya, bahkan memalsukannya sekali pun.

Tulisanmu Berisi Persepsi

Jangan biarkan pembaca itu hanya sekedar membaca dan memahami, tetapi cobalah kamu berikan rambu-rambu agar pembaca bisa mudah untuk beraksi. Mempraktikkan sebuah buku memang terlihat sulit bila pembaca tak tahu inti ceritanya secara keseluruhan sehingga kamu harus menjabarkannya dengan poin-poin.

Ketika kamu membuat poin-poinnya, kamu harus memastikan poin-poin tersebut merupakan inti sari dari cerita dan dapat meyakinkan pembaca untuk mempraktikkannya, karena dengan cara tersebut pikiran para pembaca akan menimbulkan persepsi-persepsi yang mudah diingat untuk diaplikasikan.

Tulisanmu Berisi Lembar Pembaca

Jika kamu ingin pembaca mendapatkan pengalaman lebih dari apa yang kamu tuangkan dalam tulisanmu, maka cobalah kamu ajak mereka agar bisa menulis juga seperti dirimu. Kamu bisa meminta pengalaman mereka dengan menyelipkan lembar yang berisikan pertanyaan-pertanyaan di setiap habis bab yang telah dibaca.

Dengan itu, maka pembaca pun mendapatkan dampak yang jelas tentang permasalahan-permasalahan mereka selama ini dalam jiwa literasinya sehingga mereka sadar dan yakin bahwa tulisanmu bisa memecahkan masalah mereka. Bukan hanya itu, tulisanmu pun akan mudah terinspirasi oleh pembaca.

Tulisanmu Berisi Untaian Hikmah

Inilah yang membuat para penulis secara umum profesional, karena kebanyakan para penulis itu terkadang bisa melupakan hikmah/pelajaran yang akan disampaikannya sehingga kesan pun terlihat tidak memiliki dedikasi. Akhirnya, mereka pun hanya fokus terhadap cerita yang digarap agar terlihat menarik.

Meskipun kebanyakan yang digarap pembaca adalah menarik atau tidaknya sebuah cerita, tetapi tetap saja kesan positif tulisanmu bisa berubah negatif bila tidak disertai hikmah sehingga terlihat penulis amatir. Oleh karena itu, kamu harus memikirkan terlebih dahulu hikmah apa yang akan kamu munculkan dalam cerita.

Tulisanmu Berisi Harapan dan Doa

Siapa yang tidak ingin didoakan? Coba kamu bayangkan bila tulisanmu mendoakan pembaca, maka saya yakin pasti ada pembaca yang membalas doamu sehingga mereka pun mencoba untuk bisa berinteraksi denganmu melalui media sosial, bahkan mengikuti seluruh media sosial yang telah kamu bangun.

 Oleh karena itu, jangan pernah sia-siakan tulisanmu! Jadikanlah tulisanmu sebagai amal ibadah agar lebih dekat dengan Sang Pencipta sehingga tulisanmu pun dapat menjadi amal jariyah hingga akhirat nanti. Maka manfaatkanlah tulisanmu sebaik-baik mungkin dengan mengisi konten-konten yang dapat membantu pembaca yang membutuhkan.

Mulai dari sekarang, bacalah tulisan-tulisan yang berkualitas dan memiliki kebermanfaatan, layaknya buku Tendi Murti yang berjudul Legacy yang mengandung cara menghargai diri sendiri, mencapai impian yang sudah lama kita idamkan serta diselipkan tips untuk branding diri sendiri.

Tetap semangat menulisnya, ya? mungkin kamu cuma butuh #1MotivasiLagi agar tulisanmu bisa bermanfaat bagi dirimu dan orang lain. Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat! Jangan lupa untuk berlangganan agar terus mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan